Senin, 09 Januari 2017

Putri Malu Tanaman Yang Sering Tumbuh di Tepi Jalan Ini Ternyata Punya Manfaat Brilan Untuk Kesehatan Manusia. Kamu Mau Tahu

Putri Malu Tanaman Yang Sering Tumbuh di Tepi Jalan Ini Ternyata Punya Manfaat Brilan Untuk Kesehatan Manusia. Kamu Mau Tahu

Sering diabaikan, siapa menyangka tumbuhan putri malu ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sebelum membahas manfaatnya, terlebih dahulu mengenal lebih dalam tumbuhan ini. Tumbuhan yang memiliki nama latin Mimosa Pudica ini dikenal dengan sebutan cemara kecil (small evergreen). Tanaman ini mempunyai beberapa nama panggilan unik, seperti touch-me-not, serta sensitive plant.

Disebut dengan putri malu sendiri karena ketika tumbuhan ini disentuh, maka dengan langsung dia akan mengatupkan daunnya. Hal ini dianggap sebagai sifat pemalu. Oleh karena itu disebut putri malu.

Putri malu sangat mudah dijumpai. Biasanya tumbuhan ini banyak terdapat di sekitar area persawahan.

Tapi pernah nggak sih kamu menyangka kalau tumbuhan ini bisa mengobati beberapa penyakit? Nah, berikut ini ulasannya yang dihimpun dari Tribuntravel.com, Selasa (10/1/2017).

1.Batuk berdahak

Rebus daun putri malu sebanyak 10-15 gram dengan air secukupnya hingga mendidih. Saring, lalu minum airnya.

2.Hepatitis

Putri malu juga bisa mengobati penyakit hepatitis. Caranya gampang, cukup dengan merebus daun putri malu sebanyak 15 gram dengan air 200 cc sampai mendidih kurang lebih selama 15 menit. Setelah itu saring dan minum airnya. Minumlah secara rutin sampai penyakit ini benar-benar sembuh.

3.Bronkitis

Salah satu penyakit paru-paru, bronkitis juga bisa disembuhkan dengan tanaman ini. Cukup dengan 60 gram akar putri malu ditambahkan kurang lebih 600 cc air dan direbus hingga menyisakan air kurang lebih 200 cc. Rebusan ini bisa diminum sebanyak dua kali.

4.Susah tidur atau amnesia

Penyakit ini memang kerap menghampiri tubuh manusia. Akibatnya, aktivitas terganggu. Terutama bagi mereka yang bekerja. Ini tentu saja mengganggu kehidupan kamu bukan. Nah untuk mengatasinya, kamu bisa membuat ramuan alami dari tumbuhan putri malu.

Caranya, rebus daun putri malu sebanyak 50 gram dengan air secukupnya. Minum air rebusan ini secara teratur sampai benar-benar penyakit susah tidur kamu sudah tak dirasakan lagi.

Namun, kamu juga harus pintar-pintar menakar minuman tersebut. Sebab jika dikonsumsi secara berlebihan ini akan menimbulkan efek yang tidak baik. Salah satu diantaranya adalah dapat menyebabkan keracunan.

Satu hal yang perlu diketahui lagi, minuman ramuan putri malu ini sangat tidak disarankan bagi wanita hamil karena berdampak buruk untuk janin.


Related Posts

Putri Malu Tanaman Yang Sering Tumbuh di Tepi Jalan Ini Ternyata Punya Manfaat Brilan Untuk Kesehatan Manusia. Kamu Mau Tahu
4/ 5
Oleh